Rabu, 24 Oktober 2012

CARA DAN TRIK Merekam Search Terms From Search Engine Pada Blogger/Blogspot

Share on :
blogger Posting ini sekedar menjawab pertanyaan :-/ beberapa kawan blogger yang ingin tahu bagaimana membuat recent search terms dan search terms untuk postingan tertentu pada blog yang menggunakan blogger.com / blogspot.com, namun sebenarnya sulit menjelaskan detil, akhirnya sebisa-bisanya ditulis. :( Selama ini mungkin sudah banyak tahu tentang plugin stt2 yang dipasang di wordpress self hosting, tapi untuk blog dengan blogger.com tentu saja tidak bisa, karena kita tidak punya akses ke databasenya. Lalu bagaimana solusinya? tentu saja kita harus menggunakan database diluar blogger.com untuk mencatat atau merekam data keyword dari mesin pencari lalu data itulah yang kemudian dipanggil dalam bentuk javascript.
Fungsinya apa? fungsinya bisa untuk informasi bagi pengunjung yang akan melihat keyword-keyword tertentu yang seringkali unik dan datanya dinamis karena akan selalu reload dari data terbaru (bisa diatur). Daya tarik ini bisa meningkatkan pageviews, untuk lebih maksimal, letakkan dekat dengan form search blog. Selain itu fungsinya bisa untuk SEO, tapi perlu digaris-bawahi bahwa SEO disini lebih pada Off Page SEO dibanding On Page SEO, beda dengan plugin stt2 pada wordpress yang lebih condong pada On Page SEO. Dan untuk SEO, maka harus dibantu oleh situs lain yang tidak menggunakan blogspot, sehingga linknya berupa HTML bukan javascript. Bingung?
Sharing konsep ini bukan ditujukan bagi pemula yang masih benar-benar awal, dan tidak familiar dengan javascript HTML dan PHP. Tapi bagi yang mengerti maka semoga bisa membantu membuat aplikasi yang dibutuhkan. Baiklah berikut ini konsep kerangka kerja dari search terms untuk blogspot.
Untuk melakukan pencatatan membutuhkan situs khusus yang menggunakan self hosting dan memiliki fitur database, biasanya MySQL, kita gunakan saja Blog A = Blog menggunakan blogspot, dan Situs B = Situs menggunakan self Hosting (bisa menggunakan subdomain).
1. Proses Merekam Keywords
a. Menangkap keywords dari referrer mesin pencari ke Blog A
Untuk menangkap keyword kita bisa menggunakan kode javascript:
document.referrer;
Untuk praktek penangkapan keyword, dibawah ini contoh script yang akan menangkap query keyword masuk dari google, bisa dikembangkan multi search engine.
var ate_se_r=document.referrer;
var ate_qs=ate_se_r.indexOf('q=');
var ate_qe=ate_se_r.indexOf('&',ate_qs);
var ate_st;
if (ate_qe>0) {
ate_st=ate_se_r.substr(ate_qs+2,ate_qe-ate_qs-2);
} else {
ate_st=ate_se_r.substr(ate_qs+2);
}
if (!ate_se_r || ate_se_r.split('.')[1]!='google') {
document.write('Anda bukan datang dari Google');
} else if (ate_qs>0) {
document.write(unescape(ate_st.toLowerCase()).replace(/\+/gi,' '));
}

Efek kode diatas bisa diperhatikan pada kotak dibawah ini, jika datang dari google membuka postingan ini, maka tulisan warna merah akan berupa kata-kata dari keyword yang diketikkan di google. (Jika ingin mencoba jika datang dari google, silahkan coba link-link ditabel bawah, kemudian klik ke posting ini dari hasil pencarian google, nanti akan berubah isi kotak dibawah, atau gunakan kombinasi keywords beda yang kira-kira posting ini akan muncul di SERP Google).

Keywords SERP
konsep search terms from search engine blogger/blogspot Klik
search terms search engine blogger/blogspot Klik
konsep search terms blogger/blogspot Klik
konsep search terms untuk blogspot Klik
Berdasarkan keyword itulah nanti untuk memicu perintah query pada file php di situs B.
b. Script di Blog A memerintahkan merekam data di Situs B
Dari keyword diatas, lalu kita perintahkan memanggil file php yang berisi query string, perintah bisa dibentuk dengan permintaan query javascript (src).
Proses pencatatan di situs B sebaiknya melakukan pengecekan keyword yang sama, untuk menghemat ukuran database, jadi file php harus melakukan pengecekan apakah keyword untuk URL tertentu ada yang sudah pernah terekam, jika belum barulah ditambahkan.
Design yang dibutuhkan sesuaikan saja dengan keinginan, jumlah field tergantung kebutuhan Anda untuk kebutuhan filter.
2. Proses Memanggil Data Keywords
a. Memanggil data di blog dengan javascript untuk blogspot
Ini untuk menampilkan data di blog A dan data dipanggil dari situs B, untuk script silahkan dibuat sesuai kebutuhan termasuk filter-filternya, untuk contoh saja bisa dilihat di link berikut, yang bisa dipanggil sebagai source (src) javascript:
Untuk Recent Search Terms:
Aplikasi sudah dihapus

Untuk Search Terms Post Tertentu:
Aplikasi sudah dihapus

b. Memanggil data di blog dengan format xml/txt untuk blog self hosting
Disinilah letak SEO dinamisnya. Blog blogspot kita bisa mendapatkan link dinamis dan keyword berubah-ubah dari situs lain jadi semacam membangun backlink otomatis yang kaya anchor keywords. Misalnya untuk link ke www.bebas.com, bisa dilinkback dari situs WP lain secara dinamis dan sewaktu-waktu crawler search engine datang halaman akan berubah, so disini memang perlu memiliki beberapa situs untuk saling tukar link dinamis. Ini akan memperkuat halaman post di SERP.
Contoh data dalam bentuk xml/txt seperti link dibawah ini:
Aplikasi sudah dihapus
Hasil file data diatas bisa kita parse dengan metode php file_get_contents(), sehingga outputnya akan berupa HTML. Bisa dilekatkan pada wordpress dan platform lain dengan kode php.
Nah bisa seperti tukar link dinamis kan? dan efeknya benar-benar terasa, semua otomatis tanpa capek mengubah manual link.
Note:
Semua kode diatas adalah kode praktek yang disederhanakan dan link diatas itu contoh jadi, dimana bisa dilihat datanya seperti apa bentuknya, jika familiar dengan kerangka kerja html, javascript, php, dan xml blogger, maka Anda akan bisa membuat aplikasi diatas.
Sebenarnya ingin juga memberikan widget untuk kawan-kawan seperti halnya TV Online dan automatic video script, tapi masih kuatir hostingnya gak kuat kalau akses load terlalu besar. Sampai saat ini hanya situs kawan-kawan belajar praktek yang memakai.
Daripada setelah memberikan widget kemudian server kolaps, dan malah bikin kacau blog orang mendingan memberikan kerangka konsepnya saja. Lha jelasin konsep gini aja sudah panjang banget postingannya sampe capek bikinnya. :(
Untuk melihat contoh data detil, navigasi, filter data dari report search terms diatas dalam bentuk HTML bisa dilihat di Aplikasi sudah dihapus. Mungkin bisa dijadikan referensi nyata. Dengan cara ini, maka plugin stt2 sudah tidak diperlukan lagi, karena script diatas juga bisa digunakan untuk wordpress dll, dan bisa kumpul datanya, jadi lebih mudah dalam evaluasi total.
100 out of 100 based on 43765535 ratings. 43765535 user reviews.

noreply@blogger.com (Praditya Nugroho) 24 Oct, 2012


-
Source: http://tenoctave.blogspot.com/2012/10/cara-dan-trik-merekam-search-terms-from.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Remaja Support By Berita Terbaru | My Pages